“Who Moved My Cheese?” Belajar untuk Menyikapi Perubahan

By | 12-05-2020

Cara Belajar Menghadapi Lika Liku Perubahan dalam Kehidupan dan Pekerjaan

Who Moved My Cheese karya Dr Spencer Johnson menceritakan kepada kita sebuah kisah tentang 4 karakter yang hidup dalam labirin dan belajar untuk menghadapi perubahan yang tidak terduga. Scurry Sniff, Hem dan Haw hidup dengan mengumpulkan dan memakan remahan keju di labirin. Sampai suatu ketika, mereka tiba di suatu ruangan yang isinya banyak sekali keju. Setiap pagi mereka datang kesana untuk makan. Suatu ketika seluruh keju di ruangan itu hilang. Hem berkata, siapa yang ambil keju kita?

Sniff dan scurry langsung mencari keju yang lain di labirin itu. Haw ingin mencari keju yang lain tetapi takut akan gelap dan menyeramkannya labirin itu. Ia mencoba mengajak hem untuk beranjak mencari keju yang lain akan tetapi hem tidak mau mendengar. Haw merasa dikhianati dan terus mengeluh. setiap hari mereka semakin lemah dan lapar, akhirnya haw meninggal hem untuk mencari keju yang lain. Akhirnya ia menemukan keju baru dan melihat bahwa Scurry dan Sniff sudah ada di sana

Keju merupakan metafora untuk apa yang ingin kita miliki dalam hidup. Itu bisa merupakan pekerjaan yang baik, hubungan cinta, uang atau kesehatan. Pesan inti buku ini adalah segala sesuatu akan terus berubah sehingga kita harus bisa beradaptasi.

Kesuksesan masa lalu tidak akan berarti apa-apa apabila kita berhenti untuk bertumbuh dan berkarya. Seperti kata ilmuwan Charles Darwin, ”Bukan spesies paling kuat yang bertahan, bukan juga yang paling pintar. Namun spesies yang akan bertahan adalah yang siap menghadapi perubahan.”